Jumat, 26 Oktober 2012

0 Sahabat Yang Banyak Meriwayatkan Hadist

Daftar sahabat yang banyak meriwayatkan hadist: 
  • Abu hurairoh R.A,  nama aslinya adalah abdurrahman bin shoher, meninggal tahun 57 H, dalam riwayat lain ada yang menyebutkan bahwa beliau meninggal pada tahun 58 H atau 59 H. Beliau telah meriwayatkan hadist sebanyak 5374 hadist.
  • Abdullah bin umar bin khottob R.A, meninggal pada tahun 73H, dalam riwayat lain ada yang menyebutkan bahwa beliau meninggal pada tahun 74 H, Beliau telah meriwayatkan hadist sebanyak 2630 hadist.
  • Anas bin malik R.A, meninggal pada tahun 92 H, dalam riwayat lain ada yang menyebutkan bahwa beliau meninggal pada tahun 93 H, Beliau telah meriwayatkan hadist sebanyak 2286 hadist.
  • Aisyah R.A, meninggal pada tahun 57 H, dalam riwayat lain ada yang menyebutkan bahwa beliau meninggal pada tahun 58 H, Beliau telah meriwayatkan hadist sebanyak 2210 hadist.
  • Abdullah bin abbas R.A, meninggal di thoif pada tahun 68 H, Beliau telah meriwayatkan hadist sebanyak 1660 hadist.
  • Jabir bin abdullah R.A, meninggal di madinah pada tahun 73H, Beliau telah meriwayatkan hadist sebanyak 1540 hadist.
  • Abu Said al-khudri R.A, meninggal pada tahun 74H, dalam riwayat lain ada yang menyebutkan bahwa beliau meninggal pada tahun 63 H, Beliau telah meriwayatkan hadist sebanyak 1170 hadist.

Banyaknya hadist yang diriwayatkan oleh para sahabat tersebut tidak berarti bahwa mereka lebih banyak memperoleh hadist dari Rasulullah S.A.W dari pada sahabat yang lain, karena sedikit banyaknya periwayatan hadist itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: faktor kematian, atau sibuk dalam urusan yang lebih penting seperti urusan kekhilafahan, dan faktor lain-lainnya.
Misalnya hamzah R.A, beliau adalah seorang sahabat sekaligus paman Rasulullah S.A.W, tetapi beliau tidak banyak meriwayatkan hadist karena beliau meninggal (syahid di jalan Allah dalam perang uhud) lebih dahulu dari pada sahabat lainnya.
Abu bakar assidiq R.A, beliau termasuk orang yang pertama masuk islam dan sering menemani Rasulullah S.A.W, tetapi beliau tidak banyak meriwayatkan hadist dari Rasulullah S.A.W karena sibuk dalam urusan yang lebih penting, yaitu urusan kenegaraan.
Itulah beberapa nama sahabat yang banyak meriwayatkan hadist yang dapat saya kumpulkan semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Bin Abidin Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates